Notification

×

Iklan

Iklan

Ngeri, Jangan Lakukan 5 Hal ini Setelah Makan

| Minggu, Januari 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-23T01:04:52Z

 


RIWAYAT BANTEN - Setiap orang tentu memerlukan makan untuk bertahan hidup, menjaga daya tahan tubuh agar bisa menjalani aktivitas sehari - hari dengan baik dan maksimal.

Meskipun makan merupakan kebutuhan utama, perlu diperhatikan, bukan berarti kita bisa makan sesuka hati terutama setelah makan, karena itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuh.

Beberapa hal ini mungkin sering dilakukan oleh Anda setelah makan, jadi alangkah baiknya kebiasan ini segera Anda hindari.

Berikut 5 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan:

1. Mandi
Hal pertama yang tidak boleh dilakukan setelah makan adalah mandi, mungkin terdengar sepelele tapi ini sangat berpengaruh buruk bagi tubuh,  karena setelah Mandi mandi suhu tubuh Anda akan meningkat sehingga tubuh akan mengirimkan banyak darah ke kulit tidak seperti biasanya.

Hal ini dapat mengganggu proses pencernaan dan dapat mengahambat  kelancaran metabolisme pada tubuh Anda.

2. Tidur/Rebahan
Tidak sedikit orang yang sering merasakan ngantuk setelah makan, ini merupakan suatu godaan yang cukup berat bagi Anda, karena setelah makan biasanya akan timbul rasa malas, ingin bersantai dan tidak jarang yang lansung rebahan setelah makan.

Perlu diwaspadai, kebiasaan tersebut sebenarnya sangat tidak baik bagi tubuh Anda, karena rebahan pada saat perut kenyang dapat menimbulkan asam lambung dan membuat makanan naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan mual.

Namun hal itu bisa dilakukan 1 jam setelah makan agar tidak mengganggu kestabilan dalam tubuh dan juga mengurangi resiko terjadinya stroke pada diri Anda.

3. Olahraga Berat
Olahraga memang sangat baik bagi kesehatan namun semua itu bila dilakukan sesuai dengan porsi serta waktu yang tepat karena jika kita tidak mempertimbangkan hal tersebut itu justru akan mengganggu terhadap kesehatan.

Seperti halnya setelah makan, Anda harus bersabar setelah 1 jam, agar tidak mengganggu kesehatan tubuh, jangan sampai niat ingin membuat tubuh menjadi sehat malah berujung sebaliknya.

4. Minum Teh
Minum teh setelah makan merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh tidak sedikit orang, sebenarnya hal tersebut bisa mengganggu proses asimilasi zat besi mineral yang sangat berpengaruh penting bagi tubuh.

Makanya anjuran yang baik minum teh setelah makan adalah 1 jam setelahnya, agar tubuh bisa memproses makanan dengan baik dan tidak mengganggu proses pencernaan.

5. Makan Buah
Buah merupakan makan yang sehat yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna meski demikian, makan buah juga harus Anda hindari setelah Makan.

Karena buah memerlukan enzim yang berbeda untuk dicerna. Jika Anda makan buah sebagai pencuci mulut setelah makan, buah tersebut akan menyatu dengan makanan sehingga penyerapannya tidak akan maksimal.

Tentu khasiatnya tidak akan berpengaruh dengan baik pada tubuh.

Berikut 5 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan yang sering dianggap sepele oleh banyak orang, semoga bermanfaat.***

×
Berita Terbaru Update