Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa Lebak sini Merapat! Begini Cara Daftar PIP 2023, Cair Hingga Satu Juta Rupiah

| Sabtu, Maret 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-31T21:16:41Z
Siswa Lebak sini Merapat! Begini Cara Daftar PIP 2023, Cair Hingga Satu Juta Rupiah

RIWAYAT BANTEN - Berikut ini mari kita bahas bagaimana cara mendaftar diri sebagai peserta PIP (Program Indonesia Pintar) tahun 2023, atau bantuan sekolah bagi siswa yang berada di Kabupaten Lebak Banten.


Setiap siswa ataupun siswi di Kabupaten Lebak dan sedang menjalani proses pendidikan, mulai dari tingkat SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas), semuanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan program bantuan sekolah yang bernama PIP.


Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara untuk mendapatkan bantuan sekolah atau PIP ini, mari kita fahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bantuan PIP ini.


Arti dari program PIP adalah "Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan." Dikutip Riwayat Banten dari laman resmi PIP Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).


Program PIP ini sengaja pemerintah bangun untuk beberapa tujuan yang pada intinya adalah untuk membantu ekonomi khusunya pendidikan siswa siswi Indonesia yang masuk nominasi keluarga kurang mampu.


Sebagaimana telah dijelaskan dengan rinci oleh Kemendikbud tentang tujuan dari PIP ini sendiri.


PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin atau rentan miskin atau prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma atau smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus.


Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. 


PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.


Berikut kriteria detail untuk mendapatkan bantuan PIP 2023 di Kabupaten Lebak Banten.


1 - Siswa usia 6 sampai 21 tahun.


2 - Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diperoleh dari hasil pemadanan terkini data yang terdapat di Dapodik dengan DTKS Kemensos.


3 -Siswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, yaitu:

 -Siswa yang berstatus yatim dan/atau piatu termasuk yang berada di panti sosial atau panti asuhan.

 -Siswa yang baru kembali bersekolah akibat putus sekolah.

 -Siswa terdampak bencana alam.

 -SIswa korban musibah di daerah konflik.

 -Siswa berkebutuhan khusus (disabilitas).

 -Siswa yang orang tua/walinya sedang berstatus narapidana di lembaga pemasyarakatan.

 -Siswa yang berstatus sebagai tersangka atau narapidana di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan.


Setiap siswa yang masuk kedalam kriteria di atas, maka dengan otomatis akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).


Apakah ini artinya bagi siswa yang tidak memiliki Kartu Indosat Pintar ini tidak bisa mendaftar diri dan menerima bantuan PIP?


Ternyata ada caranya, yaitu dengan cara mendaftar diri kamu ke sekolah dengan didampingi oleh orangtua dan membawa Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) ataupun Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pemerintah Desa atau Kelurahan kamu.


Kemudian daftarkan diri kamu ke sekolah untuk divalidasi dan diusulkan kepada dinas terkait. (Red)

×
Berita Terbaru Update